Selasa, 10 Januari 2012

Cerita Uyung & Amak (Sesi TV)


 Ditinggal Jalan-Jalan Ke Bandung

Hari itu si Uyung libur sekolah tapi enggak ngapa-ngapain. Di rumah aja seharian nonton tv, berhubung Murni dan kanca-kanca arek sedang berlibur ke tanah Jawa, itu tuh lagi main ke Bandung ada saingannya Dufan.
Si Uyung mengganti-ganti saluran, sesekali kembali ke chanel yang itu-itu lagi. Sampai habis shalat Isya Uyung buru-buru balik ke depan tv. Amak jadi penasaran.
"Yung. Sedang apa kau nak. Kejap-kejap kau balek pelototi tuh tipi hah?"
"Ini mak oiii. Aku sedang tengok kalau-kalau si Murni dan paman masuk tv. Dio orang tu kan sedang maen kesana."
"Ah yang betol Yung?"
"Iyo mak. Tapi sedari pagi dah aku tengok, tak ade pun mereka tuh."
"Ah mungkin dio orang tu lupo samo kau Yung, lupo dio kalo kau sedang menonton."
"Iyo jugak kali yah mak."

-o0o-

Sudah menyerah tak mau lagi menonton tv, Uyung duduk di dekat jendela menghadap ke teras. Tapi fikirannya masih ke Bandung. “Coba aku mau ikut waktu paman mengajak aku. Tapi kesian Amak sendirian di sini.” Hati Uyung bergemuruh keluh. Giliran Amak yang menguasai remot kontrol. Tiba-tiba Amak setengah berteriak dari ruang tamu dimana tv itu terletak.

“Yung, amak lihat sedari pagi acara tipi tuh, semuanya berisi musik dan musik. Asyik nak berjoget aje. Senang betol yo ye orang-orang tuh! Pagi senang bernyanyi, siang berjoget, sore asyik bernyanyi lagik, malam joget lagik, tak de kerja lain kah?” Amak bersungut-sungut sendirian, Uyung yang mendengarnya bertambah sedih hati. Amak lebih butuh Uyung dari pada Murni dan paman sekeluarga, fikirnya.
“Kenape Amak tak ikut berjoget?”
“Dulu sewaktu apak kau masih hidup sering lah amak berjoget.” Uyung pun berlari menghampiri amak.
“Ayo amak berjoget samo Uyung. Pindah ke saluran yang ade musik dangdutnya mak!” mereka berdua pun asyik berjoget menghibur hati.
Setelah keletihan habis satu lagu tiba-tiba iklan.
“Tapi mak, ade tipi yang sedari pagi sampai malam, isinyo beritaaaaaa sajo. Semua berita, yah ini yah itu. Apo dio tak de kerja lain selain menyampaikan berita?”
“Iyo jugak ya Yung. Ya sudahlah, cari saluran musik yang lain. Ayo kita joget lagik.”
Amak dan Uyung gak peduli hari, malam itu joget sampai pagi.

-o0o-
Jakarta January 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar