Minggu, 02 Oktober 2011

WESTERLING (SI TURKI)


Desember 1947 - February 1948, perlawanan rakyat makasar terhadap Belanda, berakhir dengan dibantainya rakyat Makasar oleh Westerling. Westerling sampai sekarang belum dijatuhi hukuman. Dia sebenarnya adalah pembunuh bayaran yang disewa Belanda. Disaat itu ada Lapri (Laskar pemberontak RI) dan Gapri (Gabungan pemberontak RI), yang dibentuk oleh Wolter Robert Mongosidi, Abdul Latif dan kawan-kawan.
Setelah itu ia dianugerahi jasa sebagai pahlawan oleh Belanda. Kemudian ia ditugaskan ke Bandung. Di sana pun ia tetap membantai tentara dan rakyat yang dianggap ekstrimis. Kelakuan nakalnya Westerling dan teman-temannya tercium oleh tentara KNIL (tentara resmi Belanda), kemudian ia dilaporkan ke negeri Belanda dan kemudian dibebas tugaskan.
Westerling ini luput dari hukuman, karena ia memilih bersembunyi di Jawa Barat dan dalam persembunyiannya ia mengawini perempuan peranakan Indonesia Belanda. Tetapi atas desakan teman-temannya yang masih ada di Indonesia, yang masih gatal untuk membantai maka ia mengumpulkan milisi, setelah itu dia bikin APRA (angkatan perang ratu adil) bersama beberapa tentara resmi Belanda yang pro Westerling. Kemudian ia menyerang TNI.
Setelah APRA tercium Belanda, maka ia menjadi buronan Polisi internasional. Sesudah ketahuan, Westerling ini kemudian lari ke Belgia, di sana dia bikin grup band bersama warga Indonesia, dengan nama Indo Rock Band. Westerling sendiri keturunan Turki dan besar di panti Belanda sebagai anak yatim piatu.
Oleh pemujanya bertanya, “Kenapa ia tidak membunuh Soekarno.” Ia menjawab, “Harga 1 peluru seharga 35 sen (uang jaman itu), sedangkan Soekarno harga untuk membunuhnya seharga 5 sen.” Westerling sendiri ada didalam bait lagu “Pesawat Tempur” nya Iwan Fals. Jadi memang dahulu banyak perumpamaan atas dirinya.
Di film-film sering anda saksikan betapa banyaknya anak yatim piatu yang direkrut oleh negara-negara Eropa, yang bertujuan untuk dijadikan intelejen atau assassin. Semua itu terjadi pada diri Westerling, yang sesungguhnya ia bukan asli Belanda tetapi diciptakan untuk keperluan Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar