Selasa, 21 Juni 2011

(Hahay Story 051) KISAH KERAJAAN KALINGGA


Ratu Shima memerintah Kerajaan Kalingga, di pantai utara Jawa Tengah, sekitar tahun 674 Masehi. Hukum yang ia terapkan secara tegas tanpa pandang bulu, guna membasmi kriminalitas, serta memotivasi rakyat agar berperilaku jujur. Catatan seorang Musafir China, menyebutkan ada seorang raja asing yang meletakkan kantung berisi emas di perempatan jalan dekat alun-alun kota, untuk membuktikan kejujuran rakyat Kalingga.
Selama tiga tahun tidak ada seorang pun yang berani menyentuh kantung berisi emas itu. Sampai suatu ketika, putra Ratu Shima, sang putra mahkota, secara tidak sengaja menyentuh kantung itu dengan kakinya. Sesuai UU, Ratu menjatuhkan hukuman mati untuk putranya. Akan tetapi para menteri kerajaan mengingatkan bahwa Sang Putera cukup dipotong kakinya, karena kaki itulah yang menyentuh kantung berisi emas. Ratu membatalkan hukuman mati, dan menghukum putera mahkota dengan memotong salah satu kakinya.
-o-
Kisah ini tercatat dalam sejarah dan tertulis dalam catatan musafir China yang pada saat itu menyaksikan dan mengisahkannya. 
Bagaimanakah seandainya hal itu terjadi di Kerajaan Kalingga berlaku di Indonesia saat ini? Apakah Raja juga akan memotong kaki puteranya? Kalingga, di pantai utara Jawa Tengah, sekitar tahun 674 Masehi. Hukum yang ia terapkan secara tegas tanpa pandang bulu, guna membasmi kriminalitas, serta memotivasi rakyat agar berperilaku jujur. Akan tetapi juga sebaiknya pemimpin Kalingga saat itu berfikir agak membela rakyatnya, lantas mengapa ia membiarkan ada orang asing yang meletakkan barang berharga di depan khalayak ramai yang belum tentu semua orang itu kaya secara materi, dan orang itu lebih membutuhkan emas tersebut lalu tergoda. 
Beruntung rakyatnya masih patuh hukum dan hidup layak semuanya, hanya saja orang asing iseng itu telah berhasil mempermainkan Ratu hingga anaknya sendiri sebagai korbannya. Keadilan juga butuh pemikiran panjang dan berfikir kedepan menuju masanya yang akan tiba, agar UU berlaku adil seperti adil yang ditempatkan pada tempat yang benar.
Hahayyaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar